Belajar Merakit Power Amplifier Mini USB IC TDA 2822

Kang Ajay
26
Belajar Merakit Amplifier Mini USB IC TDA 2822 - Penguat atau amplifier adalah penghantar suara kecil menjadi besar, kenapa disebut power? Power (inggris) yang artinya kekuatan suara adalah salah satu objek yang dihasilkan dari getaran arus dan dihubungkan dengan sebuah kumparan terbuat dari kawat kecil diukur sesuai dengan kebutuhan yang berbentuk bulat kemudian lilitan bulat kecil tersebut dipadukan dengan maghnet sehingga apabila ada getaran arus yang dihasilkan dari sinyal suara dan dihantar oleh aliran listrik maka jadilah suara dengan di bantu beberapa komponen yang dipadukan denga kedua nama tadi. Power adalah salah satu penghasil suara yang bisa kita nikmati dengan cara didengar.

Asal suara  (input) bisa dihasilkan dari alat elektronik yang akan anda pakai untuk memainkan musik, karena suara yang dihasilkan terlalu kecil sehinga anda mendengarnkannya kurang puas., salah satunya adalah dengan cara membuat penguat amplifier agar hasilnya menjadi besar caranya adalah output suara handphone di gabungkan dengan penguat (Power Amplifier) sehingga suara yang kita dengar menjadi nyaring, ada banyak cara membuat power amplifier penghasil suara, mulai dari watt kecil sampai dengat watt besar. Disini saya akan memberikan cara merakit power amplifier mini yang terbuat dari IC TDA 2822. Power amplifear mini ini sangat cocok untuk digunakan penguat suara yang berasal dari output handphone, MP3, radio receiver FM atau output dari komputer komputer.

Arti Kata Penguat (Bahas Inggris Amplifier) dalam dunia per-elektronikan Yaitu :

Penguat (bahasa Inggris: Amplifier) adalah rangkaian komponen elektronika yang dipakai untuk menguatkan daya (atau tenaga secara umum). Dalam bidang audio, amplifier akan menguatkan signal suara berbentuk analog dari sumber suara yaitu memperkuat signal/gain arus (I) dan tegangan (V) listrik berbentuk sinyal AC dari inputnya menjadi arus listrik AC dan tegangan yang lebih besar, juga dayanya akan menjadi lebih besar di bagian outputnya. Besarnya penguatan ini sering dikenal dengan istilah gain. Nilai dari gain yang dinyatakan sebagai fungsi penguat frekuensi audio, gain power amplifier antara 20 kali sampai 100 kali dari signal input.

Sebuah penguat suara elektronik
Jadi gain merupakan hasil bagi dari daya di bagian output (Pout) dengan daya di bagian inputnya (Pin) dalam bentuk bentuk frekuensi listrik AC. Ukuran dari gain (G) ini satuannya adalah decibel (dB). Dalam bentuk rumus dinyatakan sebagai berikut: 

G(dB)=10log(Pout/Pin)).
Pout adalah Power atau daya pada bagian output, dan Pin adalah daya pada bagian inputnya. Sumber
Wikipedia

Dan berikut adalah Skema rangkaian Amplifier mini USB untuk anda buat.

Belajar Merakit Power Amplifier Mini USB IC TDA 2822
Skema Power Amplifier Mini USB IC TDA 2822

Pada skema diatas kita sudah melihat rangkaian yang harus anda buat, ada beberapa komponen didalamnya dan dipadukan untuk melengkapi supaya penguat ini bisa menghasilkan suara maksimal. amplifier mini ini hanya bisa mengeluarkan 1.4 watt penguat ini sangat cocok anda gunakan untuk memperbesar suara output dari handphone, radio receiver FM dan lain-lain. Pada tampilan gambar skema power amplifier mini diatas anda bisa menambahkan volume gain untuk pengaturan suara besar kecil anda bisa menggunakan potensio atau trimpot stereo ukuran minimal 10 k dan maksimal 50 k letaknya dari output elko 470 uf, 25 v. dikarenakan amplifier ini stereo jadi anda harus menggunakan potensio/ trimpot stereo. Untuk cara pemasangannya mungkin anda juga pasti sudah bisa jadi tidak harus diterangkan disini, atau kapan-kapan saya tulis artikelnya disini.

Pada rangkaian di atas untuk input ada pada pin 6 dan 7, karena amplifier mini ini dibuat stereo berarti inputnya menjadi L - R begitu pula dengan output, output terletak pada pin no1 dan pin no 2 yang dihubungkan dengan elko 470 uf / 25 v terus C-100n dan R-100 ohm yang tersambung dengan masa atau ground, Letak outputnya antara elko dan resistor. Untuk pengaturan gain atau volume anda bisa langsung memasangnya dari kedua output tadi, dan untuk Vcc + letaknya pada pin no 2 ada elko 100 uf, pasang Vcc + sebelum elko dan untuk ground setelah elko tegangannya DC 9/12v. Kalau anda merasa bingung membedakan mana positif  (+)  dan mana negatif ( - ground) lihat tanda yang seperti pagar, nah setiap anda melihat simbol seperti di gambar berarti itu negatif, sambungkan saja semua menjadi satu.

Baiklah apa saja Peralatan yang harus anda persiapkan untuk membuatnya

Alat-alat yang harus anda persiapkan adalah.
  1. Solder
  2. Sedotan tinol
  3. tinol
  4. Multi tester
  5. pcb / layout 
  6. pcb bolong atau pcb gebleg / pcb kosong
Selanjutnya Komponen yang harus anda persiapkan adalah :

Bahan-bahan / komponen

  • C - Elko 470 uf - 25 v                           :  2 buah
  • C - Elko 100  uf - 25 v                          :  3 buah
  • C - Capasitor milar / kramik 100 n -     :  2 buah
  • R - Resstor 100 ohm                              :  2 buah
  • Vr - Potensio / trimpot  10k / 50 k         : 1 buah
Nah kalau semua alat sudah terkumpul silahkan anda tinggal rakit sendiri, untuk kualitas suara lumayan, power mini tda 2822 ini biasanya sering digunakan di radio, wolkman, radio caset recorder terdahulu yang memakai dua battre ukuran 1,5v x 2 = 3v dc. Sebenarnya masih banyak lagi model power amplifier ini yang bisa anda buat, persamaan dari ic tda 2822 juga ada yaitu tda 2922 untuk rangkaian hampir sama dengan skema diatas, ada juga rangkaian amplifier yang menggunakan LA 4508, tda 4440, tda 2003, 2004 untuk watt-nya juga berpareatif. Nah sebelum anda menccobanya pastikan anda cek satu persatu komponen yang sudah anda pasang, jangan sampai ada jalur yang ketinggalan karena kalau ada jalur yang tidak tersambung kemungkinan power amplifier ini tidak akan berbunyi. Dan pastikan juga untuk komponen yang anda pasang semuanya baru.

Cara test amplifier mini ini anda bisa menggunakan arus yang sudah difilter dengan cara menggunakan trafo yang sudah diregulator dengan menggunakan ic 7812 atau 7809. insya Allah untuk rangkaian regulator dc 12 v bisa saya share disini dengan rangkaian-rangkaian yang sudah berhasil saya pasang, ada rangkaian, mic condensator, rangkaian encoder, decoder receiver fm, pesawat pemancar fm, Rangkaian avc (audio voice control) stereo, penguat mixer pokoknya banyak deh kapan-kapan saya share di artikel selanjutnya.

 Ok saya kira sampai disini dulu artikel tentang "Belajar Merakit Power Amplifier Mini USB IC TDA 2822" mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk anda semua selamat mencoba dan semoga berhasil.

Apabila ada pertanyaan tentang seputar pembuatan Power Mini Amplifier IC TDA 2822 ini anda bisa menanyakannya di kolom komentar, Wassalam
Tags

Post a Comment

26Comments

  1. Kunjungan baliknya kang ajay, cuma sekedar nyimak dan bersilaturahmi,,, salam kenal ya? :)

    ReplyDelete
  2. Kalau soal elektronik saya paling ndak dong mas, apalagi sampai merakit he..he.. nyimak aja kang saya, maaf.

    ReplyDelete
  3. OOT, ini template memang joss loadingnya kang, tiap templat buatan Mas Adhy emang wuss semua.

    ReplyDelete
  4. Wah dapat rumus dari mana tuh kang ajay.?
    Sangat membingungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari alam gaib, he..he...belajar atuh kang. sayamah orangnya serba suka, apa-apa yang saya suka selalu dipelajari.

      Delete
  5. Rangkaiannya sederhana mas cocok lah buat penguat radio...BTW akhirnya buat juga nice blognya siip mas lanjutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas, terima kasih...cuman saya males postingnya.

      Delete
  6. Kalau buat salon activ...power yg ideal pake ukuran berapa kang? supaya suaranya tambah makjleb

    ReplyDelete
    Replies
    1. power activ paling yang 300 watt mono/sebelah x 2 pake sanken mantep, standar salon aktif biasanya cuma 150 wat, stereo.

      Delete
  7. Ini hanya Amplifier mini ya kang? judulnya kok ada USB? saya pikir bisa untuk langsung colok USB. hehehe

    ReplyDelete
  8. Ini blog barunya kang ajay ya? saya liat populer postnya baru sedikit dan isinya tentang elektronik semua. Jadi juga bikin niche blognya kang

    ReplyDelete
  9. Gan, klo ic yg bisa bwt ampli mini type ap aj sih ? Zelain tda 2822& LM 386. Slnya sya cari susah d toko elktro sini ndk ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. KA2209, tda2003, tda 2005, dan masih banyak lagi mas.

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Gambar jalur pcbnya kok gak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake PCB bolong saja mas. itu yang kayak pagar itu groundnya.

      Delete
  12. kalo suaranya rebek kenapa ya ?
    apalagi kalo volumenya di perbesar

    ReplyDelete
  13. Ada gambar rangkaian yg udah jadi ndak?

    ReplyDelete
  14. Ada gambar rangkaian yg udah jadi ndak?

    ReplyDelete
Post a Comment