Skema Dan Cara Membuat AVC Automatic Voice Control

Kang Ajay
21
Skema Dan Cara Membuat AVC Audio Voice Control - Rangkaian sederhana ini, saya gunakan pada FM Transmitter saat ini, fungsi rangkaian ini untuk mengeliminasi suara backsound apabila ada input suara dari si penyiar radio, suara musik akan mengecil apa bila ada masukan signal dari pre amp mic. Rangkaian ini dapat dimodifikasi dengan mengganti 2 buah transistor yang terakhir menggunakan IC 4066, PCB Skema ini juga Banyak di toko elektronik skema tersebut menggunakan beberapa transistor atau ic, prinsip kerjanya sama yaitu untuk menghilangkan vokal penyiar.

Ada bebeapa rangkaian yang bisa anda buat, seperti contoh automatic voice control pada skema di bawah sudah saya rakit, dan hasilnya sudah lumayan bagus, pada dasarnya perangat AVC ini hanyalah untuk acsesoris saja, kit ini saya pakai dikala tidak ada rekan briker di frekuensi. pada rangkaian AVC di bawah sudah di experimen dan saya pakai, hasilnya lumayan bagus, kalau di pakai persis kaya penyiar, ada tiga komponen yang bisa anda trim untuk menyesuaikan audio, sehingga  bila si penyiar bicara epek dari audio tidak cepet atau lambat.

Ok...bagi anda yang ingin membuat Automatic voice control , silahkan, skema di bawah sudah saya praktekan dan hasilnya lumayan bagus. Dengan catatan dalam pengerjaannya harus penuh dengan ketelitiian, untuk komponen saya sarankan komponen-nya harus baru semua. Kenapa harus baru? alasannya untuk mengantisipasi terjadi kegagalan dalam merakit, soalnya kit AVC mengandalkan keakuratan strum yang tersimpan pada elco.

Skema Dan Cara Membuat AVC Automatic Voice Control

Daftar Komponen AVC.

  • R.1, - 10 K
  • R.2, - 330 K
  • R.3, - 15 K
  • R.4, - 5 K 6
  • R.5, - 47 K
  • R.6, R.7, R.8, R.9, - 22 K 
  • R.10, 4k7
  • R.11, - 220 ohm
  • C.1, 1 uf-50 v
  • C.2, C.3, C.5, C.6 - 10 uf - 50 v
  • C.4, - 47 uf - 50 v  
  • Q.1, Q.2, - 2SC 945
  • Q.3, Q.4, - 2SC 1841 bisa juga dengan tr alternatif lainnya.
  • Vr. 1 - 50 k.
  • Vr. 2 - 22 k
Keterangan 
    Untuk input, ambil dari aut elco terakhir pre amp mic, letaknya sebelum potencio. Untuk penggunaannya anda bisa menyimpan kit sebelum tone control di perangkat pemancar anda, kit ini bisa anda gunakan untuk acsesoris audio power besar. bisa digunakan saat anda membawakan acara hiburan seperti, HUT RI Agustusan, Sepak bola atau perlombaan dan acara-acara lainnya.

Nah itu dulu yah, bagi anda yang ingin merakit-nya silahkan, cobalah untuk berexperimen, mudah-mudahan artikel ("Skema Dan Cara Membuat AVC Automatic Voice Control,") ini bermanfaat.
Salam..
Tags

Post a Comment

21Comments

  1. Cocok nih mas buat studio radio amatiran skemanya nggak rumit

    ReplyDelete
  2. tulisannya kok mirip kaya dari blog saya ya :D http://omrin-file.blogspot.co.id/2011/01/automatic-voice-control.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin iya mas. Saya memang mencari informasi dari blog lain. Tapi saya lupa sumbernya nggak ditulis. Maaf nanti saya sertakan link sumber tek yang saya kopas.

      Delete
    2. Mungkin iya mas. Saya memang mencari informasi dari blog lain. Tapi saya lupa sumbernya nggak ditulis. Maaf nanti saya sertakan link sumber tek yang saya kopas.

      Delete
  3. kang untuk pengganti 2SC 1841 apa ya selain itu, masalahnya di tempat saya ga ada jual itu? apa bisa pake 828 transistornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa menggantikannya dengan 2SC945, yang penting sama NPN.

      Delete
  4. Replies
    1. Untuk out mic, anda tidak harus memasukan ke AVC, avc hanya untuk pengaturan audio, sedangkan untuk mic tidak harus masuk ke AVC. yang harus anda lakukan hanya menginputkan out dari preamp mik.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. maksudnya input avc ini di tambah preamic amp kan?//

    ReplyDelete
  7. Bang untuk pemasangan AVC sebelum tune control apa sesudah tune control mohon pencerahannya mksh

    ReplyDelete
  8. Bang untuk pemasangan AVC sebelum tune control apa sesudah tune control mohon pencerahannya mksh

    ReplyDelete
  9. SEBELUM TONE CONTROL BOSS,jadi begini AVC moutnya masuk ke pre amp mic, itu saja.

    ReplyDelete
Post a Comment