Cara Merakit Encoders Sederhana LA 3361 - TC 4066

Kang Ajay
8
Cara Merakit Encoders Sederhana LA 3361 - TC 4066, Skema Rangkaian Encoder Sederhana LA 3361 - LA 4066 - encoder adalah salah satu alat yang sering digunakan di radio brodcasthing atau bisa juga di radio brik-brikan FM, banyak sekali rangkaian encoder yang bisa anda buat dengan menggunakan komponen-komponen khusus untuk pembangkit sinyal stereo ini. apa sih yang disebut dengan encoder stereo? untuk pengertian encoder, encoder adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk mengkonfersi sinyal dari decimal menjadi biner. Dan pengertian stereo adalah sinyal yang sudah dikonfersi oleh encoder, rangkaian encoder terdiri dari beberapa input line kebanyakan yang di pakai dua input yaitu L dan R  terkadang juga ada yang menambahkan input dari berbagai sumber suara contoh : input audio musik, input modulasi dan input untuk telephone. Ada banyak jenis encoder yang bisa anda buat untuk melengkapi maianan anda, encoder biasanya dipakai untuk pemancar radio prekuensi FM, radio fm bisa anda temukan di prekuensi 88,5 - 108. Baiklah mungkin setelah beberapa poin saya jelaskan saya kira anda mungkin sudah paham tentang encoder. Dan bagi anda yang ingin mencoba membuat encoder sederhana yang menggunakan ic la 3361 dan ic 14066 kami sudah menyediakan layout yang siap anda pergunakan.

Cara Merakit Encoders Sederhana LA 3361 - TC 4066
Up Date News Encoder Stereo Modifikasi By Yadi SolderLovezs
Belajar Merakit Encoder Sederhana LA 3361 - LA 4066
Layout MPX / encoders image By: Bisa Merakit
Baiklah sekarang kita menuju ke tema judul di atas, lalu apa saja komponen yang harus anda persiapkan untuk membuat encoder dengan ic la 3361 dan  TC 4066 atau MC 14066 ini? pertama yang harus anda sedikan yaitu komponen-komponen yang diterapkan skema diatas. pada skema mpx encoders terdapat dua ic yaitu ic la 3361 dan tc 4066, yang mena kedua ic tersebut mempunyai pungsi masing-masing sebagai pembangkit sinyal dan pembagian sinyal suara menjadi stereo.

Daftar Komponen encoder sederhana

  1. IC LA 3361                : 1 buah
  2. IC LA 4066 / 14066   : 1 
  3. R - 1 k                         : 3 
  4. R - 4 K 7                     : 4 
  5. R - 10 k                       : 2 
  6. R - 100 k                     : 1 
  7. R - 6 k 8                      : 1 
  8. C - 100 n                     : 3 
  9. C - 1 n                         : 2 
  10. C - 2 n 2                      : 1
  11. C - 47 n                       : 1 
  12. C - 560 pf                   : 1 
  13. Elko 470 uf, 25 v        : 1 
  14. Elko 1 uf 25 v             : 1 
  15. IC 7805                       : 1
  16. Vr-10 k                        : 1
Keterangan kode :
  • R = resistor
  • C = Capasitor
  • D = dioda
  • Vr = potensio / trimvot
Keterangan komponen:
Untuk komponen anda bisa membelinya di toko-toko elektronik terdekat atau anda bisa menggunakan komponen bekas, bisa bekas tv, radio atau amplifier. karena komponen encoder sederhana ini sangat mudah didapat terkecuali ic memang anda harus membelinya ditoko, karena ic ini jarang ada. dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda bisa menambahkan penguat audio sebelum input, penguat ini gunanya memperbesar input audio modulasi sehingga hasilnya menjadi lebih stabil, untuk penguat anda bisa membuatnya dari ic jrc 4558 yang dirakit stereo, skema diatas sudah saya uji coba dan hasilnya sungguh lumayan. encoder ini bisa anda gunakan pada pemancar FM yang belum memakai sistem pll, biasanya kalau pll sudah diset dengan oschilator pembangkit prekwensi dengan menggunakan sistem lock (pengunci), MPX ini sangat cocok dipadukan dengan pemancar mini yang menggunakan tuner atau oschilator pemancar mini yang sudah banyak beredar dipasaran namanya kalau nggak salah pcb pemancar mini fm ronica.
Kalau anda sudah selesai merakitnya silahkan anda periksa kembali komponen yang sudah dipasang. 

cara test encoder :

sambungkan strum encoder ke dc 12 v setelah itu masukan output encoder ke pemancar, coba anda cek diradio receiver yang sudah dilengkapi dengan decoder, mksudnya yang sudah dipasilitasi penangkap sinyal stereo. setelah anda coba dan hasilnya belum menampilkan lampu indikator sinyal stereo menyala, anda bisa mengatur trimpot yang 10 k, coba puter sedikit-sedikit sampai anda menemukan titik center yang pas atau sampai bisa menghidupkan lampu indikator stereo yang ada pada radio receiver, kalau sudah menyala berarti selamat anda sudah sukses membuat encoder 
( MPX ).

Nah itulah sedikit artikel tentang "Cara Merakit Encoder Sederhana LA 3361 - TC 4066" semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, selamt mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga :
Tags

Post a Comment

8Comments

  1. Makin lama kang ajay bisa jadi ilmuan kayanya nih, rumus mulu, hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inikan ilmu kang, jadi ilmu harus diamalkan, biar jadi ganjaran buat nanti. he..he...

      Delete
  2. ada Demonya tidak mas? :)
    habisnya setelah baca artikelnya kok jadi bingung aku mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh demonya harus datang kerumah, soalnya inikhan perangkat radio pemancar fm.

      Delete
  3. Kalau untuk pembangkit sinyal IC yg nomor berapa kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang no 1 kang, La 3361 kalau yang 4066 itu untuk pembagian suara.

      Delete
  4. rumah baru yang tidak nyebelin nih mang....komentarnya nggak usah di umpetin lagi dah..kerenan begini..enteng pulak.
    soal encoders sederhana nya mah...besok we deui atuh yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bet bisa nyebelin, ada-ada saja simamangmah. ok inimah khusus buat pemancar da.

      Delete
Post a Comment